04 September, 2011

Evakuasi Kebakaran Bokor Pagedangan

Kebakaran di Jalan Kauman, Dusun Bokor, Desa Pagedangan, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu, 3 September sekitar pukul 22.00 WIB menewaskan seorang ibu dan anak.
Addhy (MSR-01) yang saat itu bertugas melaksanakan Pam Lebaran 2011 di RS Bokor Turen segera merespon kejadian setelah Bachrul Ulum (35) dirujuk salah satu warga ke UG RS Bokor Turen saat mengalami luka bakar di sekujur tubuhnya.  Informasi kejadian didapat dari korban dan salah satu warga yang mengantarnya.  Setelah mengevakuasi korban bersama kru UGD dan mendapatkan perawatan, MSR-01 segera berkoordinasi dengan Polsek Turen dan menghubungi Pemadam Kebakaran PT.Pindad (Persero) Turen.

Bersama Jajaran Polsek Turen dan Satu anggota APS (Yohanes) bergerak ke TKP dan menguapayakan pemadaman api dilanjutkan dengan evakuasi korban.  Evakuasi korban ke RSSA Malang dilaksanakan setelah Tim Identifikasi Polres Malang tiba dan melakukan Olah TKP. Anggota MSR tiba TKP dan melakukan evakuasi dan rujukan otopsi : Hajar Yusuf (MSR-45), Delta (MSR-56) dan Suliyono (MSR-24).
Menyusul Eko (MSR-55) membawa mobil Ambulance RS Bokor dan bersama Team MSR dan Polsek Turen merujuk korban Nurul Khoiriyah (31) serta anaknya Sahroh (6) yang tewas terpanggang di TKP ke RSSA Malang dan membawa keduanya ke rumah duka. Sedangkan korban Bachrul Ulum (35) dirujuk ke RS Kanjuruhan Kepanjen untuk mendapatkan perawatan intensif.
Kepala Kepolisian Sektor Turen Kompol Agus Suryoso mengkonfirmasi membenarkan adanya kejadian itu dan pemadaman dilakukan hingga Minggu pagi sekitar pukul 05.00 WIB. Dugaan sementara penyebab kebakaran akibat lilin yang menyala terjatuh, dan membakar seluruh isi rumah.

Warga setempat menyalakan lilin karena di dusun itu sedang mengalami pemadaman listrik. "Hasil sementara identifikasi, kebakaran diduga akibat lilin yang digunakan keluarga bersangkutan, sebab saat kejadian terjadi pemadaman listrik bergilir," katanya.
Agus mengatakan Polsek Turen masih terus melakukan penyelidikan guna mengetahui penyebab pasti kebakaran yang menewaskan dua orang itu. ”Hari ini kita masih menunggu kedatangan Labfor Polda Jatim untuk melakukan penyelidikan kembali kebakaran, tujuannya untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran,” katanya.

Sementara berdasarkan hasil konfirmasi Polsek Turen kepada warga, pemadaman listrik terjadi sejak pukul 21.00 WIB, dan kebakaran dilaporkan awal pada pukul 23.25 WIB
Keluarga Besar Malang Selatan Rescue menyampaikan turut berduka cita, dan turut mendoakan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kepada yang meninggal diampuni segala dosanya dan dibalaskan segala amal kebaikannya.  Amin.  (MSR-01)